Sistem Zonasi Jadi Patokan Penerimaan Siswa Baru

Sistem Zonasi Jadi Patokan Penerimaan Siswa Baru

19 Maret 2020 Tak Berkategori 0

Tahun ini Dinas Pendidikan Tabalong tetap menerapkan sitem zonasi untuk penerimaan peserta didik baru. Peraturan zonasi disesuaikan dengan sistem zonasi terbaru, yang diterbitkan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada tahun 2019 lalu.

Penerapan sistem zonasi tahun ini sebesar 50 persen, 15 persen afirmasi, 5 persen pindahan dan 30 persen jalur prestasi. Penerapan zonasi dilakukan untuk merubah citra sekolah favorit maupun pinggiran, agar tercipta keseimbangan yang merata.

“jadi tidak hanya menumpuk di salah satu sekolah.sekolah-sekolah sekitarnya kebagian juga orang-orang di lingkungan tersebut. Sebagian sudah karna khususnya beberapa tahun terakhir kelihatan dari jumlah siswa kelas satunya lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya.” kata Herwandi Sekretaris Disdik Tabalong.

Selain sistem zonasi, Dinas Pendidikan Tabalong juga mempertegas batas usia masuk sekolah, terutama jenjang sekolah dasar. Berdasarkan peraturan Mendikbud Nomor 44 Tahun 2019, peserta didik yang ingin masuk SD diutamakan yang berusia 7 sampai 12 tahun. Minimal peserta didik harus berusia 6 tahun sebelum 1 juli di tahun ia mendaftar. Hal ini untuk memastikan anak siap menerima pelajaran yang diberikan di jenjang SD. (Gazali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!