Kecanduan Game Online

Pada tanggal 18 Juni 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara
resmi menetapkan kecanduan game sebagai penyakit gangguan
mental. WHO menambahkan kecanduan game ke dalam International
Classification of Disease (ICD) versi terbaru. ICD adalah sistem yang
berisi daftar penyakit, berikut gejala, tanda dan penyebabnya, yang
dirilis oleh WHO.
Menurut WHO, kecanduan game adalah penyakit mental yang
disebabkan oleh kebiasaan bermain game. Kecanduan game bisa
disebut penyakit karena memenuhi tiga faktor, yaitu seseorang
tidak bisa mengendalikan kebiasaan bermain game, seseorang mulai
memprioritaskan game di atas kegiatan lain, dan seseorang terus
bermain game meskipun ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat.
Menurut WHO, ketiga hal ini harus terjadi selama satu tahun sebelum
diagnosis dibuat.
Memang, keputusan WHO yang menetapkan kecanduan game sebagai
penyakit mental menimbulkan kontroversi. Sebagian ahli setuju bahwa
kecanduan game adalah penyakit mental. Sedangkan sebagian ahli yang
lain mengatakan bahwa kecanduan game bukanlah penyakit.
Di luar kontroversi yang masih terjadi, sebelum WHO mengeluarkan
keputusan yang menyebut bahwa kecanduan game adalah salah satu
penyakit gangguan mental, masalah kecanduan game, khususnya game
online, telah menarik perhatian beberapa peneliti, termasuk tim penulis.
Apalagi, salah satu anggota penulis memiliki saudara yang kecanduan
game online, yang membuatnya seperti kehilangan pegangan untuk masa
depannya.
XI
Oleh karena itulah, tim penulis melakukan berbagai kajian mengenai
kecanduan game online ini. Kajian dilakukan, selain dengan melakukan
wawancara dan mengamati perilaku para pemain game online, juga
dengan membaca berbagai literatur yang berhubungan dengan
kecanduan game. Hasil kajian tersebut dituliskan menjadi buku ini.
Tim penulis berharap agar para pembaca memiliki gambaran mengenai
perilaku anggota keluarganya yang mungkin juga menjadi pecandu game
online. Dengan membaca buku ini, tim penulis berharap agar pembaca
dapat menentukan tindakan atau langkah yang sebaiknya diambil
untuk mengatasi kecanduan game online yang dialami oleh anggota
keluarganya.
Selain itu, tim penulis juga berharap agar apa yang ada di dalam buku
ini dapat juga memperkaya pengetahuan pembaca, khususnya yang
juga berminat untuk melakukan penelitian di bidang game. Beberapa
teori dan referensi yang digunakan dalam kajian yang dilakukan oleh
tim penulis dapat juga dijadikan referensi untuk membedah atau
membingkai persoalan seputar kecanduan game. Penjelasan lebih lanjut
mengenai bagaimana menggunakan teori tersebut akan dipaparkan
dalam buku seri-seri berikutnya.
Tim penulis berharap agar buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang
memiliki perhatian khusus terhadap perilaku bermain game.

DOWNLOAD BUKU

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.